Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Gandeng Kemenkop, Amin, Ak, MM, Anggota Komisi VI DPR-RI Sosialisasikan Legalitas Usaha Di Kabupaten Jember

Senin, 31 Juli 2023 | Juli 31, 2023 WIB Last Updated 2023-08-30T17:06:19Z

Jember || kilatnusantara.com

Sekitar 140 orang mengikuti Sosialisasi Formalisasi Usaha Mikro Strategis di gelar oleh Amin, Ak, MM Anggota Komisi VI DPR-RI dari Dapil Jatim IV Jember-Lumajang Bekerjasama dengan Kemenkop dan UKM, Deputi Bidang Usaha Mikro Asisten Deputi Perlindungan dan Kemudahan Usaha Mikro di Hotel Fortuna, Minggu (30/7/2023).

Kegiatan ini untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya legalitas usaha, terutama di Kabupaten Jember.

“Jawa Timur jumlah UMKM-nya besar , secara nasional 64 juta dan Jawa Timur biasanya 10 % dari nasional. Dari 64 juta yang punya NIB baru 4,9 juta, Jatim baru 700 ribu sekian, di Jember 42 ribuan, masih sedikit sekali .” Terang Amin.

Tidak hanya sosialisasi, Amin juga menghadirkan Drs. H. Khusnul Khuluk anggota DPRD Kabupaten Lumajang yang juga pelaku UMKM dan Tim Garda Transformi Jember pendamping dari Kemenkop sebagai narasumber.

“Kami anggota dewan memfasilitasi, mempertemukan mereka dengan eksekutif. ” Ungkapnya.

Pada kesempatan ini, Garda Transformi , yaitu David Iswanto, Venni dan Tutuk mengajarkan pada para peserta cara mengajukan NIB melalui OSS- RBA ( Online Single Submission Risk Based Approach) atau Perizinan Berusaha Berbasis Risiko.

“Kalau datanya lengkap, KTP, No. HP, jenis usaha, omset, bisa di proses langsung. ” Ujar Venni yang memandu peserta untuk daftar NIB OSS – RBA dengan HP masing-masing.

Dalam beberapa menit, salah satu peserta yang di pandu langsung oleh Venni berhasil mendapatkan NIB saat itu juga.

“Jadi untuk mendapatkan NIB tidak butuh waktu lama, asal datanya lengkap. ” Ungkapnya.

Sementara Bang Kholik, Pegiat UMKM Jember mengapresiasi kegiatan yang di gelar oleh Amin,Ak, MM karena membantu UMKM untuk mendapatkan Surat Ijin Usaha ( NIB).

“Mudah-mudahan UMKM Jember bisa meningkatkan kembali tumbuh kembangnya usaha mereka.” Ujarnya.

Tim Red

×
Berita Terbaru Update